Antisipasi Bencana, Polres Pacitan Gelar Apel dan Cek Sarpras

 


PACITAN-Sebagai wujud antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi memasuki musim hujan, Polres Pacitan bersama stakeholder melakukan kegiatan gelar apel pasukan dan cek sarana prasarana (Sarpras). 


Menurut Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd, apel gelar pasukan dan perlengkapan ini dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana hidrometerologi di wilayah Kabupaten Pacitan Tahun 2023.


Apel gelar pasukan dan perlengkapan tersebut berlangsung di Halaman Polres Jl. A. Yani No. 60 Pacitan diikuti oleh 150 peserta dari berbagai unsur. 


Sementara, darana perlengkapan untuk menghadapi potensi bencana tersebut di antaranya, 15 Unit Ran Polres Pacitan, 1 Unit Ran BPBD, 1 Unit Ran Tagana Rescue Dinsos, 1 Unit Ran BPBD Pacitan dan 1 Perahu Karet juga 1 TRC Motor Boat, 1 Unit Ran Ambulance Dinkes Pacitan, 1 Unit Buldoser, 1 Unit Ran Satpol PP, 1 Unit Ran Dim 0801 Pacitan, 1 Unit Ran Lanal Pacitan, 1 Untuk R2 Patroli Polres Pacitan, dan 6 Unit R2 Dim 0801 Pacitan.


Secara geografis dan geologis, wilayah Jatim sangat rentan terhadap bencana alam. Setidaknya ada 22 daerah yang rawan terjadi bencana alam banjir, termasuk di bantaran Sungai Grindulu Pacitan.


Selain itu , berdasarkan data BPS tahun 2022, sekitar 89 persen dari total bencana di Jatim didominasi oleh bencana hidrometeorologi, dengan banjir menduduki peringkat pertama.


"Kegiatan ini untuk sama-sama memastikan kesiapan kita dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Pacitan," jelas Kepala Polres Pacitan, AKBP Wildan Alberd. (*)

Posting Komentar

0 Komentar