Polres Pacitan Lakukan Pengamanan Logistik Pemilu 2024


 PACITAN-Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, menjelaskan langkah-langkah konkret yang telah diambil Polres Pacitan dalam memastikan pengamanan logistik Pemilu 2024. Upaya itu dilakukan untuk menciptakan situasi politik yang aman dan damai.


"Polres Pacitan sudah melakukan tahapan pengamanan Pemilu, termasuk koordinasi dengan KPU dan Bawaslu. Operasi Lilin Pasukan dan taktikal floor game telah dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga," ujar Kapolres Agung Nugroho, Kamis (28/12/2023). 


Terkait sinergi dengan KPU dan Bawaslu, Kapolres menekankan bahwa telah terjalin kerjasama yang baik, termasuk dengan Gakkumdu untuk penanganan pelanggaran. 


"Kami menerima laporan dan meneruskannya kepada Bawaslu untuk diproses. Selain itu, kami melakukan pengecekan di gudang logistik di KPU," tambahnya.


Sementara itu, pengamanan logistik sendiri saat ini sedang dalam proses intensif. "Kami memastikan gudang logistik aman, melakukan patroli rutin, dan menempatkan personil pengamanan 24 jam. Kami juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan," ungkap Kapolres.


Dalam merinci persiapan menuju Pemilu, Kapolres menjelaskan, Kabupaten acitan memiliki 1860 TPS, dengan pembagian pengamanan berdasarkan klasifikasi risiko. Pengamanan dilakukan berdasarkan jenis TPS, termasuk yang rawan dari bencana alam. 


Selain itu, Kapolres Agung Nugroho mengajak partisipasi masyarakat dalam menyukseskan tahapan Pemilu 2024 hingga pelaksanaan pencoblosan di TPS nantinya. 


 "Kami menghimbau masyarakat untuk datang ke TPS pada hari pencoblosan, meningkatkan partisipasi, dan menggunakan hak pilih dengan kesadaran hati. Pemilu 2024 sukses karena peran tidak hanya dari aparat penegak hukum, Bawaslu, tetapi juga dari seluruh masyarakat Indonesia. Pemilih berdaulat, negara kuat," pungkas AKBP Agung Nugroho. (*)

Posting Komentar

0 Komentar