Polres Pacitan Maksimalkan Persiapan Operasi Natal dan Tahun Baru

 


PACITAN- Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Polres Pacitan menggelar pelatihan Pra Operasi terpusat Lilin Semeru 2023.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, memberikan arahan kepada personel untuk fokus pada operasi kemanusiaan dengan penekanan pada tindakan preventif dan preemtif.

"Kondisi kabupaten Pacitan yang kondusif tidak boleh membuat kita meremehkan situasi. Wilayah berbatasan dengan provinsi lain, sehingga kita harus mewaspadai berbagai potensi ancaman," tegas AKBP Agung Nugroho, Selasa (19/12/2023).

Langkah-langkah proaktif melibatkan penjagaan ketat di Markas Kepolisian (Mako) serta kebijakan bijak bermedia sosial untuk menangkal hoaks. Selain itu, upaya untuk menghindari teguran anggota saat pelaksanaan operasi juga menjadi perhatian utama.

"Kita berupaya maksimal untuk menjaga keamanan masyarakat. Semua langkah dilakukan dengan penuh kewaspadaan dan profesionalisme," kata AKBP Agung Nugroho.

Sementara itu, Kabagops Polres Pacitan, AKP Sukinto Herman, menyampaikan bahwa operasi ini difokuskan pada pengamanan tempat wisata dan gereja.

Sebanyak 138 personel dilibatkan dengan penempatan di 4 pos pam, 1 pos pelayanan, dan 7 pos pantau, yang tersebar di titik-titik strategis seperti Alun-alun, Terminal, Punung, Arjosari, Soge, Teleng Ria, Goa Gong, Klayar, Watu Karung, Banyu Anget, Tegalombo, dan Pidakan.

Identifikasi kerawanan mencakup potensi longsor di jalur Pacitan - Ponorogo, penumpukan wisatawan, kemacetan di pintu masuk wisata, laka lantas di Jalan Raya Pacitan - Trenggalek, dan pemukiman kosong akibat pemiliknya mudik.

Pun, tim urai juga telah disiapkan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di titik-titik rawan.

"Kami berkomitmen untuk maksimal dalam menjaga keamanan masyarakat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru," ujar AKP Sukinto Herman.

"Dengan melibatkan personel terlatih, kami siap menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat. Operasi Lilin Semeru 2023 di Polres Pacitan ini dilaksanakan dengan penuh profesionalisme," pungkasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar