Bencana Longsor Tutup Jalan Pacitan-Solo, Polisi dan Tim Gabungan Gerak Cepat

 


PACITAN- Jumat (19/1/2024) pukul 01.00 WIB, Jalan Pacitan-Solo KM.06 di Lingkungan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, tertutup akibat bencana tanah longsor yang terjadi secara mendadak. Kejadian ini dipicu oleh hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Pacitan sejak Kamis pukul 18.00 WIB.

Tebing setinggi ± 8 meter dan lebar ± 10 meter longsor, membawa material berupa dua batu besar yang menutup setengah badan jalan.

Jalur arus lalu lintas Pacitan-Solo terganggu, dengan pengguna roda dua maupun empat dihadapkan pada kendala. Sementara rumah Saiin (67) warga, RT.03 RW.10 Lingkungan Temperan Kelurahan Sidoharjo terancam oleh material tanah longsor.

Kapolsek Pacitan AKP Sugeng Rusly Muslan menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor ini.
"Material batu dan tanah menutup setengah badan jalan, mengakibatkan pengguna jalan terganggu. Arus lalu lintas menggunakan sistem buka tutup," katanya.

Sementara itu, tim gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Pacitan, BPBD, anggota Koramil 0801/01 Pacitan, Dinas PUPR Pacitan dan PU Nasional wilayah Pacitan, bersama warga, telah mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Evakuasi material longsor dan mitigasi risiko pada rumah Bapak Saiin dilaksanakan dengan dukungan alat berat," terangnya.

Meski demikian, akses jalan segera dibuka bagi pengguna jalan, meskipun dengan sistem buka tutup.

Selain itu, BPBD Pacitan mengambil langkah antisipasi dengan memberikan penutup terpal pada bagian yang terdampak untuk mencegah potensi longsor susulan.

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari aparat kepolisian. Pihak berwenang Polsek Pacitan terus memonitor situasi dan berusaha mengembalikan normalitas secepat mungkin. (*)

Posting Komentar

0 Komentar