Inovasi Sowan Kapolres Pacitan Jadi Ajang Penyalur Aspirasi Masyarakat

 


PACITAN-Setiap hari Rabu pukul 08.00 WIB, Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho membuka pintu 'Sowan Kapolres', yang menjadi ajang penyalur aspirasi masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung di Polres Pacitan, di mana Kapolres mendapat inspirasi inovatif ini dari pengalaman mondoknya di Magetan saat remaja.

"Inspirasi inovasi ini saya dapat ketika mondok di Magetan dulu, di mana kiai dan pengasuhnya mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat yang datang," ujar Kapolres, Rabu (17/1/2024).

Tujuan utama kegiatan ini adalah menciptakan suasana Kamtibmas yang kondusif, aman, dan tentram. Kapolres ingin menggali informasi sebanyak-banyaknya dengan membuka inovasi Sowan Kapolres, sehingga bisa mendapatkan insight dari masyarakat.

"Inovasi Sowan Kapolres ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Pelaksanaannya di Polres, bagi yang mau hadir, kami persilahkan. Nanti kedepannya, kita bisa datangi berbagai komunitas sesuai dengan kondisi," tambahnya.

Terlebih saat ini pihaknya tengah menghadapi tantangan cuaca ekstrem bersamaan dengan Pemilu. Dalam rangka itu, Polri telah melakukan mitigasi terhadap sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"TPS yang rawan ini kaitannya dengan bencana. Kami pastikan TPS mana yang memiliki kerawanan, kemudian bekerjasama dengan BPBD untuk mengantisipasi bencana seperti banjir dan longsor," urainya.

Selain itu, rencana mitigasi bencana juga telah disusun, termasuk pemindahan TPS yang rawan ke lokasi yang lebih aman jika terjadi bencana pada hari pelaksanaan pemungutan suara.

"Ini masih ada waktu, nanti akan kami cros cek ulang dan update situasi dengan BPBD. Apalagi bahwa Februari adalah puncak musim hujan," sebutnya.

Pun sejauh ini, selama tahapan Pemilu, Polres Pacitan juga telah memetakan beberapa titik dari 1860 lokasi TPS yang ada. "TPS yang rawan bencana berjumlah 58. Yang lainnya tidak rawan, sedangkan 2 TPS khusus ada di Ponpes Tremas dan Lembaga Pemasyarakatan," urainya lagi.

"Semua aspirasi masyarakat mulai dari Kamtibmas, knalpot brong, dan laka lantas langsung kami eksekusi dan sampaikan kepada pihak yang terkait," jelasnya AKBP Agung Nugroho.

Demi mempermudah akses, masyarakat dapat menghubungi nomor pengaduan Polres Pacitan +6282149492002 untuk menyampaikan aspirasi dan aduan. Inovasi Sowan Kapolres ini juga menyediakan bantuan hukum. (*)

Posting Komentar

0 Komentar