Coblos Dulu, Baru Makan Gratis; Cara Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pacitan

 


PACITAN - Coblos Dulu, Baru Makan Gratis merupakan cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pacitan, Jawa Timur.

Ini dilakukan pelaku UMKM berkolaborasi dengan Polres Pacitan untuk mengajak masyarakat menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024. Sosialisasi ini dikemas dalam program menarik. Terutama bagi pemilih pemula yang notabene milenial generasi z.

Setelah menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS), generasi z akan mendapatkan makan gratis nasi ayam dan es teh manis di Quick Chicken Jl. Let. Jend. Suprapto Pacitan. Kuota yang disediakan 100 paket nasi ayam. Syaratnya hanya dengan menunjukkan jari bertanda tinta dan kartu tanda penduduk (KTP).

Selain makan gratis, bagi 50 orang pertama yang sudah mencoblos bisa masuk ke Musium Galerry SBY*ANI. Syaratnya masih sama, yakni menunjukkan jari bertanda tinta dan KTP.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho mengungkapkan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya generasi Z dan milenial, untuk menggunakan hak pilihnya.

"Karena milenial menyumbang 56 persen tahun ini, jadi kalau 56 persen tidak mencoblos, sisanya ke mana?,” katanya, Senin (12/2/2024).


Agung menjelaskan, dipilihnya Museum Galeri SBY untuk mengenalkan sejarah tokoh nasional asal Pacitan, sedangkan Quick Chicken dipilih untuk meningkatkan UMKM. “Supaya lebih mengenal sejarah dan sekaligus peningkatan ekonomi UMKM,: terangnya.


Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan makan gratis dan tiket masuk museum, cukup ikuti langkah berikut:
1. Gunakan hak pilih Anda di TPS pada 14 Februari 2024.
2. Tunjukkan jari bertanda tinta dan KTP di Quick Chicken atau Museum Galeri SBY.
3. Untuk 100 orang di Quick Chicken, dapatkan makan gratis 1 paket nasi ayam dan es teh.
4. Untuk 50 orang pertama di Museum Galeri SBY, dapatkan tiket masuk gratis.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho mengajak masyarakat untuk bersama-sama sukseskan Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilih di TPS.
“Gunakan hak pilihmu dan tunjukkan jarimu yang tertanda tinta!,” pesannya.

Sementara itu, owner Quick Chicken, Much Agus Condronegoro sepakat terhadap inovasi tersebut. Menurutnya, program makan gratis ini menjadi cara tersendiri untuk menarik minat masyarakat agar datang ke TPS.

"Saya sangat setuju program ini, karena ini memotivasi untuk para pemilih pemula agar mengikuti kontestasi pemilu. Mungkin program seperti ini itu menjadi daya tarik anak muda. Otomatis menambah pendapatan kami pelaku UMKM," pungkasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar