Facebook

jendelawarta.com, memberikan Informasi yang lengkap dan akurat

Amankan Pilkades Serentak, Polres Pacitan Terjunkan 750 Pasukan Gabungan

  PACITAN-Polres Pacitan menerjunkan 750 pasukan gabungan untuk mengamankan Pilkades Serentak yang akan berlangsung, Sabtu (26/8/2023) besok...

 


PACITAN-Polres Pacitan menerjunkan 750 pasukan gabungan untuk mengamankan Pilkades Serentak yang akan berlangsung, Sabtu (26/8/2023) besok. 

Dengan total 21 desa yang tersebar di 10 kecamatan saat ini menjadi fokus utama pengamanan. 


Saat gelar pasukan, Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd, memberikan peringatan keras kepada seluruh aparat keamanan untuk tetap berada dalam kesiagaan penuh guna memastikan kelancaran pesta demokrasi tingkat desa itu. 


"Komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi (K3) adalah kunci dalam kesuksesan pengamanan. Ini adalah tanggung jawab bersama, melibatkan seluruh elemen masyarakat," katanya, Jumat (25/8/3023).


Wildan menjelaskan bahwa pihaknya dan seluruh kekuatan keamanan akan melaksanakan pengamanan Pilkades 2023 dengan pendekatan preemtif, preventif, dan represif. 

"Tujuannya adalah menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif dan aman dalam setiap tahapan pilkades," terangnya. 


Meskipun situasi di Kabupaten Pacitan saat ini dinilai cukup kondusif, pihak berwenang tetap berkomitmen untuk menghadapi potensi gangguan dan ancaman yang mungkin muncul selama proses pilkades berlangsung.


Selain itu, ia meminta warga agar berhati-hati terhadap kemungkinan mobilisasi masyarakat yang dapat memicu kerawanan. Khususnya, desa-desa dengan lebih dari satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan, baik dari pihak penyelenggara maupun masyarakat.


"Kami telah mengambil langkah-langkah antisipatif, termasuk memperkuat panitia desa dan melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya proses pemilihan kepala desa ini," jelas AKBP Wildan Alberd. 


Dengan langkah-langkah yang diterapkan untuk memastikan keamanan dan kelancaran pilkades, diharapkan bahwa proses pemilihan kepala desa di Pacitan dapat berlangsung sukses dan merajut tatanan yang lebih baik untuk masyarakat setempat.


"Kami minta masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan baik," pinta Wildan. 


Langkah-Langkah Pre-Emtif, Preventif, dan Penegakan Hukum


Polres Pacitan telah mengambil langkah tegas untuk memastikan kelancaran Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023. Dalam upaya untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif dan aman, langkah-langkah pre-emtif, preventif, dan penegakan hukum dikedepankan.


Total 750 personel keamanan yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan ini terdiri dari berbagai pihak:


- Kepolisian Republik Indonesia (POLRI): 350 personel

- Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS): 250 personel

- Batalyon Khusus Brigade Mobil (BKO BRIMOB): 60 personel

- Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP): 30 personel

- Tentara Nasional Indonesia (TNI): 60 personel


Kehadiran total 750 personel ini diharapkan memperkuat komitmen untuk memastikan tahapan pilkades berjalan dengan aman dan tertib. Langkah-langkah pre-emtif akan dilakukan untuk mencegah potensi kerusuhan atau gangguan dalam setiap tahapan pilkades. 


Sementara itu, pendekatan preventif akan memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada masyarakat, sehingga mereka dapat berpartisipasi dengan bebas dalam proses demokrasi ini.


Tak hanya itu, penegakan hukum juga menjadi aspek penting dalam rangka memastikan integritas pilkades. Kehadiran personel keamanan yang kuat dari POLRI, LINMAS, BKO BRIMOB, SATPOL PP, dan TNI akan memberikan rasa aman kepada masyarakat Pacitan. 


Dengan kerja sama lintas instansi ini, diharapkan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023 di Kabupaten Pacitan dapat berlangsung dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan masyarakat dan tatanan pemerintahan di daerah ini.


Strategi Pengamanan TPS 


Dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023 di Kabupaten Pacitan, diterapkan pola pengamanan khusus di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 


Berikut adalah rincian pola pengamanan untuk setiap desa berdasarkan jumlah TPS:


- Desa dengan 1 TPS:

- 10 personel Kepolisian Republik Indonesia (POLRI)

- 10 anggota Linmas


- Desa dengan 2 TPS:

- 7 personel Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) per TPS

- 7 anggota Linmas per TPS


- Desa dengan 4 TPS:

- 6 personel Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) per TPS

- 6 anggota Linmas per TPS


- Desa dengan 5 TPS:

- 5 personel Kepolisian Republik Indonesia per TPS

- 5 anggota Linmas per TPS



"Dengan adanya personel yang terlatih dan siap siaga, diharapkan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Pacitan dapat berjalan lancar dan sukses," pungkas Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd. (*)

COMMENTS

Dibaca :

Nama

Banyuwangi,2,Headline,13,Hj Sri Wahyuni,1,Iconnet,4,INDOSAT,1,Jember,1,Jendela Warta,1,Lazisnu,1,Magetan,1,Malang,2,Pacitan,1,Pasuruan,1,PLN Icon Plus,5,Polisi Pemain Timnas,1,Polri,1,Ponorogo,4,Tuban,1,
ltr
item
Jendela Warta: Amankan Pilkades Serentak, Polres Pacitan Terjunkan 750 Pasukan Gabungan
Amankan Pilkades Serentak, Polres Pacitan Terjunkan 750 Pasukan Gabungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzGQjN5W-LcNXUmj2GH4d7mZ5vAfYgAxgEb3kHU0xYWEfECOqa0EPb7T3LkrkKTZoCyk7SED3SHwu64wN-SkYx2MyLyncni_MqmMiBM1M9yczgMbai0daahYnCYlkGNJVNEleROh2LB2u81cd6qSfs14ydmQIAw9Mn9D6xyOayuU5fsE9VGCokgD-E9eU/s320/WhatsApp%20Image%202023-08-25%20at%2014.29.59%20(1).jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzGQjN5W-LcNXUmj2GH4d7mZ5vAfYgAxgEb3kHU0xYWEfECOqa0EPb7T3LkrkKTZoCyk7SED3SHwu64wN-SkYx2MyLyncni_MqmMiBM1M9yczgMbai0daahYnCYlkGNJVNEleROh2LB2u81cd6qSfs14ydmQIAw9Mn9D6xyOayuU5fsE9VGCokgD-E9eU/s72-c/WhatsApp%20Image%202023-08-25%20at%2014.29.59%20(1).jpeg
Jendela Warta
https://www.jendelawarta.com/2023/08/amankan-pilkades-serentak-polres.html
https://www.jendelawarta.com/
https://www.jendelawarta.com/
https://www.jendelawarta.com/2023/08/amankan-pilkades-serentak-polres.html
true
8431915365302312160
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy