Facebook

jendelawarta.com, memberikan Informasi yang lengkap dan akurat

Polres Pacitan Mediasi Menyelesaikan Permasalahan Guru Dengan Siswa SMKN 1 Pacitan, Ternyata Bukan Bullying

 PACITAN, 23 Agustus 2023 - Dua belah pihak yang terlibat dalam permasalahan, yakni P dan NH, telah mencapai kesepakatan dalam sebuah medias...


 PACITAN, 23 Agustus 2023 - Dua belah pihak yang terlibat dalam permasalahan, yakni P dan NH, telah mencapai kesepakatan dalam sebuah mediasi yang berfokus pada permasalahan yang melibatkan anak bernama HAP. Surat pernyataan mediasi ini, yang ditandatangani oleh kedua pihak pada tanggal 23 Agustus 2023, menyatakan bahwa masalah tersebut telah berhasil diselesaikan dengan damai.


P, yang merupakan karyawan swasta, dan NH, seorang guru di SMK Negeri 1 Pacitan, setuju untuk mengakhiri perselisihan yang melibatkan anak mereka, HAP. Melalui mediasi ini, mereka berdua sepakat untuk saling memaafkan dan mengakhiri sengketa tersebut dengan damai. Surat pernyataan ini dibuat secara sukarela dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.


Kedua belah pihak menyadari pentingnya menyelesaikan konflik dengan cara yang damai dan saling memaafkan. Surat pernyataan ini mencerminkan tekad mereka untuk tidak memperpanjang masalah tersebut dan mengakhiri permasalahan dengan keputusan yang telah mereka capai melalui mediasi.


Surat pernyataan ini juga menyebutkan saksi-saksi yang turut hadir dalam mediasi ini, yakni S, TRK, dan NH (BK). Tanda tangan kepala SMK Negeri 1 Pacitan, JS juga menegaskan pemahaman sekolah dalam penyelesaian masalah ini.


Sementara itu, Waka Kesiswaan SMKN 1 Pacitan, Taufiq Purwoko, Menegaskan Tindakan Dinasehati Siswa Bukan Bentuk Bullying. 



Sebelumnya, telah beredar kontroversi tentang sebuah insiden di mana seorang siswa mendapat teguran dari guru NH. Insiden ini mengundang perhatian publik setelah kabar tentang tindakan dinasehati siswa menyebar di kalangan orang tua dan siswa.


Taufiq Purwoko, saat diwawancarai, menjelaskan bahwa insiden tersebut sebenarnya bukanlah tindakan bullying, melainkan upaya untuk mendidik siswa yang saat itu tidak berada di dalam kelas. "Saat pelajaran berlangsung, siswa yang bersangkutan tidak terlihat di dalam kelas. Guru NH kemudian mencari siswa tersebut dan menemukannya di kelas sebelah. Tindakan dinasehati dilakukan dengan tujuan yang baik, seperti layaknya seorang orang tua memberikan nasihat kepada anaknya," ungkap Taufiq.


Pihak sekolah berpendapat bahwa tindakan tersebut merupakan bagian dari upaya membentuk karakter siswa agar lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai pelajar. Namun, sebagian orang tua dari siswa perempuan yang tidak terlibat dalam insiden merasa keberatan dengan tindakan ini. Mereka berpendapat bahwa tindakan tersebut mengganggu psikologis siswa perempuan meskipun yang dinasehati adalah siswa laki-laki.


Orang tua siswa perempuan yang merasa keberatan mengajukan protes kepada pihak sekolah. Mereka berpendapat bahwa tindakan tersebut seharusnya tidak dilakukan secara terbuka di depan kelas, melainkan seharusnya dilakukan dengan lebih sensitif dan melibatkan pihak orang tua. 


Meskipun demikian, pihak sekolah juga mendapat dukungan dari beberapa orang tua yang berpendapat bahwa tindakan ini sejalan dengan upaya meningkatkan disiplin siswa.


Taufiq Purwoko menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya menjaga komunikasi dengan semua pihak terkait, termasuk orang tua dan siswa, untuk menyelesaikan permasalahan ini secara baik-baik. Ia berharap insiden ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan pemahaman bersama tentang tindakan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi sekolah.


Dengan penyelesaian damai yang diwakili oleh surat pernyataan mediasi ini, P dan NH mengajarkan pentingnya menyelesaikan permasalahan dengan cara yang bijaksana dan penuh pengertian. Keputusan mereka untuk mengakhiri perselisihan ini secara damai menjadi contoh yang dapat diikuti oleh banyak orang dalam menyelesaikan sengketa yang mungkin muncul dalam kehidupan sehari-hari.


Sebagai informasi, Mediasi adalah proses penyelesaian sengketa di luar pengadilan yang melibatkan pihak ketiga netral untuk membantu kedua belah pihak mencapai kesepakatan. Sumber daya ini dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan konflik dengan cara yang damai dan menghindari tuntutan hukum yang lebih rumit. (*)

COMMENTS

Dibaca :

Nama

Banyuwangi,2,Hj Sri Wahyuni,1,Iconnet,4,Jember,1,Jendela Warta,1,Lazisnu,1,Magetan,1,Malang,1,Pacitan,1,Pasuruan,1,PLN Icon Plus,5,Polisi Pemain Timnas,1,Polri,1,Ponorogo,4,Tuban,1,
ltr
item
Jendela Warta: Polres Pacitan Mediasi Menyelesaikan Permasalahan Guru Dengan Siswa SMKN 1 Pacitan, Ternyata Bukan Bullying
Polres Pacitan Mediasi Menyelesaikan Permasalahan Guru Dengan Siswa SMKN 1 Pacitan, Ternyata Bukan Bullying
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggB0GX2cVg-muSA_XHRd2QygwYiQeUTkMwtA7bl2HLtBJVDmFKjKwYofEiyhzvh4ZyNJLQLiKp3nB41MrZwAnoB0_NApjJ6YDI-0kBhXjKRC4xsFTY9iWGELZCVXU6VjUSLqtsTyqRY-nT2SPwnY_FhDfSwtiQzIInk-l1xvDwGWCOXy4AYIvxpOHcC1Y/s320/WhatsApp%20Image%202023-08-29%20at%2012.30.29.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggB0GX2cVg-muSA_XHRd2QygwYiQeUTkMwtA7bl2HLtBJVDmFKjKwYofEiyhzvh4ZyNJLQLiKp3nB41MrZwAnoB0_NApjJ6YDI-0kBhXjKRC4xsFTY9iWGELZCVXU6VjUSLqtsTyqRY-nT2SPwnY_FhDfSwtiQzIInk-l1xvDwGWCOXy4AYIvxpOHcC1Y/s72-c/WhatsApp%20Image%202023-08-29%20at%2012.30.29.jpeg
Jendela Warta
https://www.jendelawarta.com/2023/08/polres-pacitan-mediasi-menyelesaikan.html
https://www.jendelawarta.com/
https://www.jendelawarta.com/
https://www.jendelawarta.com/2023/08/polres-pacitan-mediasi-menyelesaikan.html
true
8431915365302312160
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy