Komitmen TNI-Polri di Pacitan Jaga Kamtibmas Sukseskan Pemilu 2024

 


PACITAN- Apel Gelar Pasukan Gabungan TNI-Polri dalam rangka Bulan Bakti TNI-Polri Tahun 2024 di gelar di Polres Pacitan, Selasa (6/2/2024). Apel ini diikuti oleh ratusan personel TNI dan Polri dari berbagai kesatuan di wilayah Pacitan.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, membacakan amanat Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Imam Sugianto, M.Si. Amanat tersebut menekankan pentingnya sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Jawa Timur, khususnya dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

"Kapolda Jatim mengingatkan beberapa kerawanan yang perlu diantisipasi, seperti konflik perguruan silat, penggunaan knalpot brong, konflik sosial, dan potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu 2024," katanya.

Untuk itu, Kapolda Jatim menginstruksikan beberapa penekanan kepada para peserta apel, antara lain:

•Meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, khususnya dalam menciptakan Pemilu yang damai dan sejuk.
•Patuhi dan taati segala bentuk peraturan yang berlaku serta selesaikan setiap permasalahan sesuai dengan koridor hukum dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
•Hindari segala sesuatu yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat seperti kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian dan SARA yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.
•Meningkatkan kegiatan-kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan di antara TNI-Polri dan masyarakat seperti olahraga bersama, patroli bersama, pelatihan bersama, dan lain sebagainya.
•Sebagai bagian dari masyarakat, TNI-Polri harus menjadi komponen yang menyatu tak terpisahkan, bersifat membangun, membawa nilai positif, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.
•Tetap jaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.
•Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya karena tugas adalah kehormatan, tunaikanlah apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing dengan tulus dan ikhlas karena pada hakikatnya hal tersebut adalah ibadah.

Apel dilanjutkan dengan patroli gabungan di wilayah kota Pacitan, Arjowinangun, dan JLS menggunakan kendaraan roda empat dan dua.

"Patroli ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapsiagaan TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," terang AKBP Agung Nugroho.

Selanjutnya, Bulan Bakti TNI-Polri Tahun 2024 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh TNI-Polri untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas dalam rangka menjaga kamtibmas dan membantu masyarakat.

Kegiatan ini akan berlangsung selama satu bulan dan diisi dengan berbagai kegiatan bakti sosial, seperti pembagian sembako, karya bakti, dan penyuluhan hukum di wilayah Kabupaten Pacitan. (*)

Posting Komentar

0 Komentar